Membentuk Kembali Masa Depan Keselamatan Di Tempat Kerja

19.33

Image result for Membentuk Kembali Masa Depan Keselamatan Di Tempat Kerja

sepatu safety murah - Membuat kembali masa depan keselamatan ditempat kerja

Tehnologi dan digitalisasi sudah merubah cara kita bekerja dan bekerjasama. Perubahan cara kerja kita jadi makin intens dalam satu tahun lebih paling akhir karena dorongan yang didapatkan oleh perubahan tehnologi otomasi dan analisa data. Hal semacam ini mengakibatkan penambahan produktivitas, dan meminimalisir biaya dan insiden cedera dengan penting.

Namun untuk beberapa besar bisnis dan karyawan mereka, keselamatan ditempat kerja juga akan tetaplah jadi konsentrasi utama dan point kajian yang penting, karena keselamatan ditempat kerja memerlukan ada kewaspadaan dengan terus-menerus. Keselamatan ditempat kerja tetaplah sama relevansinya saat ini, dan berikut alasannya.

Meningkatnya pertimbangan tentang keselamatan di bidang manufaktur

Meningkatnya pertimbangan tentang keselamatan di bidang manufaktur 2, 3 juta kematianyang terkait dengan tempat kerja di th. 2014, menurut Singapore Workplace Safety & Health Institute (Institut Keselamatan & Kesehatan Kerja Singapura). Dari jumlah itu, 15% digolongkan jadi kecelakaan dan cedera ditempat kerja, yang biasanya dapat dihindari.

Pada th. 2016 di Singapura, industri manufaktur menempati tempat pertama dalam jumlah kecelakaan kerja yang terjadi, dibarengi oleh industri konstruksi. Hal semacam ini adalah trend yang mencemaskan, karena industri manufaktur jadi andalan dan pendorong beragam ekonomi negara terpenting didunia – misalnya Tiongkok.

Membuat lingkungan kerja yang lebih aman

Untungnya, kita dapat lihat ada perubahan kualitas dan jumlah robot yang gesit dan lebih ringkas yang menukar mesin tradisionil memiliki ukuran besar. Robot-robot ini memiliki ketahanan yang tinggi dan sangat mudah menyesuaikan, dan dapat diarahkan secara cepat untuk beragam jenis type pekerjaan.

Robot kolaboratif atau cobot ini terasa “tidak berbentuk eksklusif”, hingga sangat mungkin mereka untuk bekerja bersama dengan berdampingan dengan rekanan kerja manusia. Gabungan manusia dan mesin yg tidak umum ini tawarkan manfaat paling baik dari dua dunia yang berlainan : ketepatan dan kecepatan robotika, yang dipadukan dengan ketangkasan dan kecerdikan manusia. Cobot hanya bagian dari ekosistem tempat kerja cerdas yang berkembang, yang menghadirkan feature keselamatan yang lebih baik. Disamping itu, system dan tehnologi keselamatan baru, kursus yang realistis, dan budaya keselamatan utama sama pentingnya dengan Cobot ini.

System keselamatan terotomasi

Pengendali jaringan keselamatan generasi baru yang kuat saat ini ada untuk produsen untuk mengintegrasikan system keselamatan terotomasi mereka. Beberapa pengendali bahkan juga mensupport rangkaian input dan keluaran untuk menghubungkan beragam jenis sensor dan komponen keselamatan, seperti relay dan sakelar. Jenis yang diambil, seperti seri NE1A Omron, juga meliputi peranan jaringan, yang sangat mungkin pemantauan jarak jauh dengan real-time melalui piranti lunak.

Robotika otonom yang cerdas

Perlengkapan yang lain yang punya potensi merubah cara kerja kita yaitu Kendaraan Otonom Cerdas (AIV - Autonomous Indoor Vehicles) seperti Omron Lynx. Kendaraan ini adalah barisan paling depan dari implementasi pengetahuan robotika. AIV ini dapat mendeteksi halangan dan menavigasikan dianya di ruang yang terbatas dengan memakai rangkaian laser dan sensor yang terpasang. Lynx menghadirkan tehnologi SLAM yang eksklusif, dapat melokalisasi dan memetakan lingkungan di sekitarnya dengan cepat dan automatis.

AR dan VR untuk kursus keselamatan

Sampai kini, kursus keselamatan tradisionil dilakukan melalui materi kursus dengan pasif, seperti video maupun buku panduan. Dengan Dengan memakai tehnologi kenyataan maya (augmented dan virtual reality) untuk mendatangkan tingkat realisme dan interaktivitas yang baru, setiap peserta kursus dapat selekasnya mempraktikkan aksi perlakuan keadaan darurat dengan riil didalam lingkungan virtual yang aman.

Alur fikir dan budaya keselamatan

Yang terutama dari semua yaitu, keselamatan ditempat kerja harus jadi segi integral dari budaya perusahaan yang di dukung oleh semua pemangku kebutuhan utama dalam organisasi. Disamping itu, tubuh pengatur internasional dan instansi tingkat negara seperti Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Singapura (WSHC - Singapore’s Workplace Safety and Health Council) juga mengusahakan rangkaian gagasan untuk mempromosikan dan memprioritaskan lingkungan kerja yang lebih aman.

Contoh intinya termasuk peringatan Hari untuk Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja, dan Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja WSHC.

Pendekatan keselamatan dengan menyeluruh

Keselamatan ditempat kerja melampaui beragam batasan tehnologi yang kita pakai. Keselamatan meliputi standard, budaya, dan kursus yang ada. Kami mengharapkan agar keselamatan ditempat kerja tetaplah jadi tema bahasan dan perhatian utama di masa yang akan datang, walau terjadi penambahan pemakaian tehnologi kecerdasan buatan dan evaluasi mesin saat ini.

Dengan rangkaian jalan keluar dan product keselamatan industri yang komplit dibarengi feature keselamatan yang lebih baik, Omron memiliki tempat yang baik untuk menolong bisnis lebih unggul dalam kesehatan dan keselamatan kerja. Berharap diingat kalau karyawan adalah salah satu aset paling besar untuk perusahaan, yang memberi Kamu kelebihan kompetitif yang berlainan apabila dibanding dengan beberapa kompetitor beda.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts