Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

19.02

Related image

tugas biro konsultasi pr - Humas pada intinya adalah singkatan dari frasa kata ‘Hubungan Orang-orang’. Frasa kata hubungan orang-orang sendiri datang dari Bhs Inggris yakni dari kata ‘Public Relations’. Bila disimpulkan singkatnya, maka humas yaitu salah bagian organisasi yang memiliki peranan merajut hubungan, hubungan, dan kerja sama organisasi dengan pihak orang-orang yang terkait dengan organisasi itu.

Pengertian Humas Menurut Beberapa Pakar dan Instansi Humas Dunia

The Public Relations Society of America
Menurut The Public Relations Society of America, Humas adalah usaha yang dilakukan oleh organisasi untuk dapat memperoleh hubungan kerja dengan sekumpulan orang, menolong organisasi melakukan hubungan yang efisien, dan beraktivitas komunikasi dengan umum utama.

International Public Relations Association (IPRA)
Menurut International Public Relation Association, pengertian humas yaitu sebuah peranan manajemen yang terencana dan berkepanjangan, organisasi induk dan instansi swasta atau umum yang mempunyai tujuan untuk memperoleh pengertian, simpati, dan support dari pihak – pihak berkaitan atau yang memiliki hubungan dengan riset opini umum diantara mereka.

Public Relation World Conference
Menurut Public Relation World Conference, humas yaitu paduan seni dan pengetahuan yang digunakan untuk memperkirakan kecendrungan, memprediksi konsekwensi, memberi input pada pimpinan organisasi, dan melakukan gagasan aktivitas yang sudah direncanakan untuk memberi service pada kebutuhan umum dan organisasi induknya.

The British Institute of Public Relation
Menurut The British Institute of Public Relation, pengertian humas yaitu usaha terencana dan berkaitan yang dikerjakan untuk membina dan pelihara niat baik maupun pengertian dengan di susunan organisasi dengan orang-orangnya.

Lihat juga : kelebihan dan kekurangan corporate pr

Public Relations News
Menurut Public Relations News, humas adalah salah satu peranan manajemen yang mengevaluasi sikap umum, mengidentifikasi kebijakan dan prosedural perorangan/organisasi yang memiliki kebutuhan umum, dan buat rencana dan melakukan program tindakan dalam rencana memperoleh pemahaman dan penerimaan umum.

Scott M. Cutlip & Allen H. Center
Menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center, humas adalah peranan manajemen yang :

Menilainya sikap publik
Mengidentifikasi kebijakan dan tatacara organisasi/perseorangan dalam melayani kebutuhan publik
Buat rencana dan melakukan program aktivitas untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan support dari publik

J. C Seidel
Menurut J. C Sidel, humas yaitu sistem berkaitan dari usaha – usaha manajemen untuk dapat memperoleh niat baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan umum umum.

Cultip, Center, & Broom
Menurut Cultip, Center, & Broom, humas adalah peranan manajemen yang membuat dan menjaga hubungan yang baik dan berguna pada organisasi dan umum yang bisa memberi dampak pada keberhasilan dan kegagalan organisasi itu.

Tersebut beberapa pengertian humas yang cobalah diutarakan oleh beberapa pakar humas didunia. Mudah-mudahan berguna ya!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts