Langkah Merawat Sepatu Anti Jamur

23.11

Salah satu barang yang harus dan tentu dipakai dalam keseharian kita yaitu memakai sepatu. Baik itu dipakai untuk acara santai, bepergian, bekerja ataupun sebagai pelengkap dalam bergaya fashion. Pastinya banyak sekali varian sepatu mulai dari sepatu anak-anak, sepatu dewasa pria dan wanita, bentuk dan bahannya juga berbeda-beda.

Jaman sekarang sepatu bukan lagi dipakai hanya untuk keseharian saja, tetapi fashion yang makin berkembang yang otomatis memaksa kita terbawa arus fashion itu. Tidak jarang banyak industri lokal yang memakai jual sepatu-sepatu dengan kwalitas kurang dan di jual dengan harga yang relatif murah. Oleh karena itu, berpengaruh pada keawetan bahan yang dipakai juga. Karena itu, ada banyak cara-cara yang mungkin bisa bermanfaat untuk beberapa pembaca agar sepatu yang kita miliki lebih tahan lama dan tak gampang berjamur.

1. Sepatu berbahan kulit asli
Sepatu berbahan kulit asli pasti harga nya mahal, maka perawatannya juga lebih ekstra. Sebisa mungkin taruhlah sepatu berbahan kulit ini di ruangan terbuka, jangan sekali-kali menyimpannya dalam ruangan tertutup terlebih sampai ditempat yang lembab sebab akan merusak bahan kulit itu. Seandainya udara tempat menaruh sepatu berbahan kulit lembab, mungkin saja sepatu jadi berjamur.

Cara pembersihan sepatu kulit ini juga tak bisa dilakukan dengan asal-asalan, dengan pembersih yang khusus untuk membersihkan sepatu berbahan kulit (banyak di jual di beberapa toko). Untuk perawatan bila sepatu berbahan kulit ini dapat awet saat disimpan lama ataupun sering dipakai yaitu dengan memakai lotion yang dioleskan sebagian tipis memakai kapas/kain halus agar permukaan sepatu tak gampang mengering terlebih hingga mengelupas kulitnya.

2. Sepatu berbahan beludru
Sepatu berbahan beludru ini lebih gampang kotor sebab debu-debu lebih gampang melekat pada permukaannya. Seandainya musim hujan tiba, sebisa mungkin hindari pemakaian sepatu type ini secara terus menerus, sebab jika sepatu beludru ini terkena air maka akan lebih sulit dan memerlukan waktu lama agar dapat mengering. Bila terjadi secara berulang-ulang sepatu tidak segera dikeringkan hingga jadi lembab, maka mungkin saja sepatu akan berjamur. Cara perawatannya yaitu bebrapa sering dibersihkan dengan memakai sikat halus secara teratur, dapat 1-2 kali dalam seminggu. Menyimpannya juga ditempat yang kering dan tidak lembab. Jika saat dipakai permukaannya terkena air hingga jadi basah, maka segera lakukan pengeringan melalui cara diangin-anginkan atau dikeringkan dengan kipas angin/hair dryer.

3. Sepatu berbahan canvas
Sepatu berbahan canvas ini akan lebih awet kalau setelah membelinya diperkuat dulu melalui cara dijahit/di-sol-kan. Sepatu canvas juga gampang kotor dan basah bila terkena air. Oleh karenanya, paling lama 1x seminggu dilakukan pencucian dengan memakai deterjen konsentrat (yang konsentrat lebih dianjurkan sebab tak mengandung banyak bahan deterjen/busa). Bersihkan hingga bersih dan tidak meninggalkan deterjen pada sepatu dan keringkan melalui cara dianginkan atau dijemur saat ada sinar matahari hingga sepatu tak gampang berjamur (nampak bintik-bintik hitam).

Pada umumnya, simpanlah sepatu pada rak sepatu di ruangan terbuka yang tidak lembab. Jangan lupa dibersihkan secara teratur. Saat sepatu tidak dipakai dapat disisipi kertas yang digulung-gulung dan dimasukkan dalam sepatu agar bentuknya tetap terjaga. Bila memakai sepatu baiknya jangan saat dalam kondisi kaki lembab terlebih basah, agar tidak terjadi rusaknya di bagian dalam sepatu, tidak berbau dan tidak berjamur. Demikian info tentang menaruh sepatu agar tidak gampang berjamur. jual sepatu safety di jogja

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts